Ilmu Perpustakaan & Informasi

diskusi dan ulasan ringkas

Cari Informasi, Ambil Keputusan

Posted by putubuku pada September 3, 2008

Kata-kata “sistem” dan “organisasi” tak pernah lekang dari kata “informasi”, terutama ketika para peneliti teori sistem berhasil mengidentifikasi satu unsur penting lainnya, yaitu “pengambilan keputusan” (decision making). Saat ini, semua orang yang mempelajari organisasi dan manajemen sudah mahfum bahwa sekumpulan manusia dapat bekerjasama dan mencapai sebuah tujuan jika ada tata-kelola dalam soal pengambilan keputusan. Tanpa pengambilan keputusan, sebuah organisasi kehilangan arah dan akhirnya bubar.

Menarik untuk diketahui, kalau kita “mengambil keputusan” maka sebenarnya kita melalukan proyeksi dan mengandaikan bahwa ada sesuatu yang akan terjadi. Pengambilan keputusan selalu terjadi sebelum kita melakukan aksi atau aktivitas tertentu. Dengan kata lain, pengambilan keputusan selalu mendahului “kejadian” (events). Selain itu, kalau kita “mengambil keputusan” dalam sebuah organisasi maka ada prasyarat kebersamaan di dalamnya. Setiap keputusan yang diambil dalam sebuah organisasi biasanya berlaku untuk semua orang. Memang, ada keputusan yang diambil oleh satu orang, ada keputusan yang diambil oleh lebih dari satu orang, dan bahkan oleh jutaan orang sekaligus (misalnya, keputusan untuk memilih SBY sebagai presiden). Siapa pun dan apa pun keputusannya, orang lain diharapkan mengikuti keputusan itu.

Lebih menarik lagi untuk diketahui, sebagai sebuah proyeksi yang mengandung dugaan tentang sesuatu yang akan terjadi, maka setiap keputusan memerlukan “bahan mentah” atau “masukan” berupa informasi. Setiap pengambil keputusan memerlukan gambaran tentang apa saja yang sudah terjadi untuk membayangkan apa yang akan terjadi setelah keputusan diambil. Dalam kehidupan berorganisasi, setiap pengambilan keputusan berdasarkan pada keadaan yang terjadi di dalam (internal) maupun di luar (eksternal) organisasi. Itu sebabnya, pengambilan keputusan langsung berkaitan dengan pengelolaan informasi. Setiap organisasi selalu melakukan pengambilan keputusan, dan selalu mengelola informasi untuk membantu pengambilan keputusan. Organisasi besar (misalnya sebuah negara) maupun organisasi mini (misalnya sebuah warung di pinggir jalan) memerlukan pengambilan keputusan dan pengelolaan informasi.

Persoalan pengelolaan informasi untuk pengambilan keputusan di sebuah organisasi inilah yang jadi objek kajian kita. Salah satu teori yang dapat kita pakai untuk penelitian tentang objek kajian ini datang dari O’Reilly (1982, 1983). Secara khusus, O’Reilly mengajak kita memeriksa kemampuan manusia mengelola informasi (human information processing capacity) dalam konteks kehidupan berorganisasi. Ia mengaitkan kemampuan ini dengan perilaku informasi dan komunikasi, jenis informasi yang digunakan, dan peran informasi tersebut dalam pengambilan keputusan. Dalam asumsi dasarnya, O’Reilly melihat pengambilan keputusan sebagai salah satu wujud dari aplikasi informasi. Artinya, dalam keadaan aslinya “informasi” adalah sesuatu yang hanya berupa potensi. Kalau sebuah organisasi ingin mewujudkan potensi ini, salah satu caranya adalah dengan mengubah informasi menjadi keputusan.

Contoh gampangnya adalah: kalau Anda mendapat informasi (dan percaya pada informasi itu) bahwa besok akan hujan, dan kalau Anda memutuskan untuk membawa payung besok, dan akhirnya benar-benar membawa payung ketika ke luar rumah, maka Anda sudah mengubah potensi informasi menjadi sesuatu yang berwujud (yaitu Anda membawa payung). Jika kemudian hujan memang turun, keputusan membawa payung itu menjadi sebuah manfaat. Dapat digambarkan secara sederhana seperti ini: informasi cuaca (potensi) –> keputusan membawa payung (wujud potensi) –> membawa payung (aksi) –> terlindung dari hujan (manfaat).

Dalam pembahasannya, O’Reilly juga mempersoalkan “relevansi” informasi yang akan dijadikan masukan bagi pengambilan keputusan. Maksudnya, setiap pengambilan keputusan didahului oleh sebuah upaya mencari dan menemukan informasi yang relevan. Itu sebabnya, pengambilan keputusan langsung berkaitan dengan perilaku informasi (information behavior). Ketika kita meletakkan semua ini dalam konteks kehidupan organisasi, maka terlihatlah kompleksitas yang amat menarik untuk dikaji. 

Salah satu aspek yang menjadi pusat perhatian O’Reilly adalah kaitan antara perilaku informasi dan hubungan kekuasaan (power relations) di dalam sebuah organisasi. Menurut teorinya, informasi yang akan dipakai sebagai bahan pengambilan keputusan dipengaruhi oleh hal-hal berikut:

  1. Kekuasaan si pemberi informasi (atau si sumber informasi) atas si pengambil keputusan. Semakin berkuasa pihak yang memberi informasi, semakin mungkin informasi itu digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Ini kedengarannya lumrah banget. Informasi dari big boss sudah pasti diprioritaskan oleh semua bawahan yang berwenang mengambil keputusan. Kalau si pengambil keputusan itu sendiri adalah seorang big boss, mungkin dia akan mencari orang tertentu yang dianggapnya lebih berkuasa, walau orang ini berada di luar organisasi. Banyak big boss yang punya “dukun” untuk membantunya mengambil keputusan🙂
  2. Relevansi informasi terhadap tugas yang harus dilakukan seorang pengambil keputusan. Ini juga lumrah. Seorang pengambil keputusan akan mendahulukan informasi yang relevan untuk tugas-tugasnya terlebih dahulu, baru mempertimbangkan informasi yang relevan untuk tugas orang lain.
  3. Kaitan antara informasi dengan sistem insentif dan dis-insentif. Secara bercanda, kita bisa mengatakan bahwa informasi yang menguntungkan kedudukan seseorang pasti lebih diprioritaskan, apalagi kalau informasi itu tidak menguntungkan bagi saingan di kantor🙂
  4. Kontribusi informasi terhadap tindakan yang akan menimbulkan imbalan positif. Berkaitan dengan butir 3 di atas, setiap pengambil keputusan akan mendahulukan informasi yang menurutnya akan menghasilkan reaksi positif dari rekan-rekan sesama kantor, apalagi kalau hasilnya menimbulkan pujian kepada si pengambil keputusan. Di sini berlaku azas conformity – atau yang sering disebut “cari aman”. Daripada diomelin orang sekantor, mendingan ambil keputusan yang memuaskan semua orang :-)
  5. Kontribusi informasi bagi keuntungan pribadi. Masih berkaitan dengan butir 3 dan 4, setiap orang di semua lapisan organisasi pasti memikirkan keuntungan pribadi, dan jika ada informasi yang nantinya akan menguntungkan secara pribadi, maka informasi itulah yang jadi prioritas untuk dijadikan landasan pengambilan keputusan.
  6. Kaitan antara informasi dengan potensi konflik. Berkaitan dengan butir 4, semakin sedikit konflik yang ditimbulkan oleh sebuah informasi, semakin mungkin informasi itu digunakan dalam pengambilan keputusan. Pada dasarnya O’Reilly beranggapan bahwa anggota-anggota sebuah organisasi cenderung menghindari konflik.
  7. Kemudahan penggunaan informasi, dilihat dari segi kepampatan (compact) dan kejelasan. Tentu saja, semakin mudah sebuah informasi dicerna, semakin mungkin informasi itu dipilih untuk mengambil keputusan.
  8. Hubungan antara pemberi informasi dan pengguna informasi, khususnya jika informasi ini bersifat lisan. Dalam situasi yang sesungguhnya, menurut O’Reilly banyak sekali pengambilan keputusan yang dilakukan berdasarkan informasi lisan dari orang-orang yang dianggap “dekat”.
  9. Keterpercayaan. Berkaitan dengan butir 8, seorang pengambil keputusan akan cenderung menggunakan informasi dari “sumber-sumber yang dapat dipercaya”. Seringkali, pertimbangan ini bersifat subjektif, walau juga dipengaruhi oleh pengalaman dan situasi hubungan inter-personal di dalam sebuah organisasi.

Kalau kita lihat sembilan butir di atas, nampaklah bahwa perilaku informasi dan pengambilan keputusan bukan semata-mata kegiatan prosedural atau “teknis”. Bagi para peneliti bidang perpustakaan dan informasi, kenyataan ini tentu amat menarik, apalagi jika dikaitkan dengan budaya organisasi atau hubungan antar pegawai.

Bacaan: 

O’Reilly, C. A. III (1982), “Variation in Decision Makers’ use of Information Sources: The Impact of Quality and Accessibility of Information,” dalam Academy of Management Journal, vol. 25 no. 4, hal. 756-771.

O’Reilly, C. A., III. (1983), “The use of information in organizational decision making: A model and some propositions” dalam Research in organizational behavior, 5. Greenwich, CT: JAI Press, hal. 103-139.

6 Tanggapan to “Cari Informasi, Ambil Keputusan”

  1. Paulus Mamok Suparmo said

    Saya sangat senang dengan tulisan Pak Putu tentang informasi dalam organisasi. Teruslah Pak Putu menulis di Blog Bapak. Saya akan menjadi konsumennya, abis bisanya cuma menjadi penikmat tulisan Bapak hehehe.

  2. desi said

    masalahnya jika kita decision maker yng harus memutuskan sesuatu masalah dalam keadaan genting/darurat gimana dong? jelas informasi yang diperoleh kan sedikit, rata2 managerku gak berani mengambil keputusan sendiri dalam arti melempar masalah kembali ke orang lain lagi. Pusingnya kalau tipe manager yang mau menyelamatkan Posisi/Kursi empuknya.

  3. Luluk said

    Pak, Terima kasih sudah berbagi ilmu🙂

    Apakah mungkin mengunakan teori kajian pemakai dan manajemen informasi untuk penelitian tatap muka ilmu pengetahuan dan kebijakan publik? Saya sedang berpikir Pak untuk mengkaji lebih lanjut perilaku informasi para pengambil keputusan di tingkat lokal. Apa mungkin ya mengawinkan ilmu perpustakaan dengan ilmu kebijakan dan manajemen sumber daya alam?

  4. putubuku said

    @Luluk, terimakasih kembaliiii🙂 Menurut saya, kita selalu bisa mengaitkan “perilaku informasi” dengan apa saja. Kalau Luluk baca isi blog saya ini, niscaya terlihat bahwa “informasi” punya konotasi amat luas dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi punya peluang untuk mengkaji apa saja yang berkaitan dengan “informasi”. Demikian pula, perilaku informasi seharusnya bisa dikaitkan dengan apa saja, asalkan Luluk bisa memperlihatkan kaitan itu dengan baik.

  5. Pak Putu yth.
    Mohon pencerahan tentang perilaku informasi dan komunikasi. Kok sepertinya informasi dan komunikasi punya perilaku seperti manusia? Kalau perilaku manusia dalam berinformasi dan berkomunikasi saya masih manggut-manggut, tapi ini perilaku informasi dan komunikasi. Sembilan point pada tulisan Bapak, banyak menekankan manusia yang menggunakan informasi dalam berbagai jenis yang menimbulkan konflik, yang mengarah kepada insentif, yang compact dsb. Apa ini yang disebut perilaku informasi. Makasih ya Pak.

  6. putubuku said

    @ Umi, sorry kalau agak bingung memaknai istilah “perilaku informasi” atau “perilaku komunikasi”. Itu terjemahan dari “information behaviour” dan “communication behaviour”. Memang seharusnya akan lebih lengkap kalau ditulis “human behaviour in using information”🙂 tapi terkadang dalam pembahasan ilmiah digunakan istilah yang lebih singkat. Maksud dari “perilaku informasi” tentunya bukan “informasi yang berperilaku”, melainkan “perilaku manusia ketika ia menggunakan informasi” atau “ketika ia berkomunikasi”.

    Tentang “perilaku informasi” secara menyeluruh, mohon lihat di:
    https://iperpin.wordpress.com/2008/08/07/perilaku-informasi-semesta-pengetahuan/

    Sedangkan tentang ragam perilakunya ada di https://iperpin.wordpress.com/2008/04/04/18/

    Kita, di bidang perpustakaan, mungkin lebih cermat dalam menggunakan istilah, sehingga ada “perilaku pemakai atau pengguna” (users behaviour) yang sudah dibahas di:
    https://iperpin.wordpress.com/2008/03/29/8/

    Mudah-mudahan ini membantu. Thanks for your comment anyways! Please keep coming back here and write more comments!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: